Dosa nggak sih? Hayoloh....

Berkatalah yang baik, atau diam... Daripada nanti lidahnya nyakitin hati orang. Trus orangnya ga bilang-bilang trus dosanya ketahan. Hayoooo...

Dosa sama manusia ada 3:
1. Menyakiti fisiknya
2. Menyakiti hatinya
3. Merampas haknya.

Yang jadi masalah tuh yang nomor 2 dan 3...
 Kalo menyakiti fisik, mungkin saat masalah udah reda, kita bisa minta maaf dan saling bermaafan. Sampai disitu, berguguranlah dosa-dosa. Insyaallah, Allah hapuskan segala catatan dosa.

Tapi yang menyakiti hati dan merampas hak? Darimana kita bisa tau kalo yang tersakiti atau terdzolimi ga (bisa/mau) ngasih tau? Dosa yang tak terdeteksi seperti itu yang bikin segala doa ketahan dan berguguran tanpa pengabulan. Inget loh, doa orang yang terdzolimi itu makbul. MAKBUL.

Jadi... Jangan pernah lelah untuk berbuat baik, berkata baik atau berprasangka baik kepada orang lain. Asal jangan naif.  Dan kadang, tak selamanya kebaikan kan berbalas dengan kebaikan pula. Pohon mangga walau ngasih buah juga, masih sering dilemparin batu kan?

Maka dari itu, niat tertinggi hanya kepada Allah setiap perilaku dan perbuatan dilakukan. Maka kita tak butuh pengakuan dari manusia lainnya ...
Tetap berbuat baiklah walau tak ada yang memuji. Tapi sekali berbuat jahat, seluruh dunia mencaci :)


 Being happy doesn't mean that everything is perfect, it means that you've decided to look beyond the imperfections.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah singgah. Tak perlu segan untuk menyanggah atau memberi tanggapan atas pikiran yang tercurah. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau mengganggu pikiran bisa kirim DM ke @celoteholic ya!

Diberdayakan oleh Blogger.