KIMBAB ROLL

Setelah berkali-kali makan ikan sarden goreng dan tumis kangkuh terasi, saya inisiatif untuk bikin makan besar yang bisa dicemil-cemil kali ini.

Makan nasi yang ga perlu make piring atau ngotorin banyak wadah. Capek nyucinya bok.

Maka, makan siang hari ini adalah..... KIMBAB ROLL!





Iyes, ini makanan namanya kimbab kalo di Korea. Kalo di Jepang Sushi Roll. Kalo di Indonesia, nasi gulung. Hahahaha

Langsung aja ya:

Alat:

  • Tiker penggulung sushi
  • Centong nasi
  • Mangkok air
Bahan:

  • Nasi putih (bebas mau ditambah garem, cuka, ager-ager, apapun sesuai selera)
  • Sayur bayam
  • Keju
  • Crab Stick
  • Timun
  • Wortel
  • Telur
  • Garam, saus tiram, atau kecap asin
  • dan NORI!

Langkah-Langkahnya:

  • Masak nasi sampe mateng. Jangan lupa cetekin tombol cook-nya, kalo ga nasinya ga mateng-mateng.
  • Kupas kulit luar ketimun. Potong timun memanjang seukuran panjang nori yang dipakai, kalau ga sampe bisa disambungin. Tiriskan.
  • Potong wortel seperti batang korek api yang panjangnya seukuran jari kelingking kamu. Lalu tumis dengan sesendok minyak goreng, dan tambahkan 1 sendok teh saus tiram atau kecap asin. 5 menit saja. Tiriskan.
  • Petik daun bayam, cuci lalu keringkan, lalu tumis di wajan bekas menumis wortel. Biar gak banyak cucian. Bumbunya sama, sedikit saus tiram atau kecap asin, sebagai aroma saja, sampai daunnya layu. Tiriskan.
  • Rebus crab stick di panci, sekitar 5 menit, lalu tiriskan.
  • Buat telur dadar dengan sejumput garam dan setelahnya tiriskan. Kalau suka dengan telur, bisa buat satu telur dadar untuk satu gulung kimbab.
  • Potong keju menjadi stik, jika stok keju di rumah adalah keju batangan. Kalau kejunya slice, yaudah gapapa. Potong bagi dua aja per slice.
  • Siapkan nasi yang hangat di samping mangkok berisi air. Kenapa? Karena nasinya bakal lengket, dan fungsi air tersebut adalah untuk mencegah centong nasi lengket-lengket ga jelas saat ditaruh di nori.
  • Siapkan tikar pengulungnya, letakan selembar nori, dengan bagian yang mengkilap di bagian luar. Dan bagian kasar di bagian dalam.
  • Ratakan nasi di lembaran nori tersebut. 
  • Letakan telur, keju, bayam, crab stik, wortel, timun dan kalau suka bisa ditambahin saus atau mayonaise.
  • Lalu gulung dengan isi yang dipadat-padatkan. 

Kira-kira begini, abaikan semua hal yang berantakan.


Lalu.... jadi deh!

Penampakan satu gulung yang dipotong 2

Tinggal LEP!

Dan begini penampakan pas sudah dipotong-potongnya... Tinggal dimakan bareng mayonaise yang dicampur saus sambal. Enaaak!!

Ada merah-merahnya karena pake bayem merah. Kalau di resep aslinya sih pake bayam hijau

By the way, makan beginian, karena bentuknya lucu dan imut-imut bisa ga berasa udah makan dengan porsi yang sama dengan 3 piring nasi biasa. Karena satu porsi nasi aja biasanya kurang buat nutupin satu lembar nori. Begitu kimbabnya abis, baru berasa KENYANG BANGET sampe maunya leyeh-leyeh aja. Apalagi kalo makannya sambil nonton drama korea. Udah dah, belum abis dramanya, udah kriyep-kriyep duluan matanya, kekenyangan.


Untuk bekal, oke juga loh, istri siapa sih yang iseng buatin bekal suami begini? Trus begitu kotak makannya dibuka, langsung diserbu sama temen-temen kantornya. Hahahahahaha.

Silahkan dicoba ya!



Annyeong, chingu!


Dina-ssi








Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah singgah. Tak perlu segan untuk menyanggah atau memberi tanggapan atas pikiran yang tercurah. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau mengganggu pikiran bisa kirim DM ke @celoteholic ya!

Diberdayakan oleh Blogger.