RAJUNGAN SAUS RENDANG


Selamat pagi!
Masak apa kalian, hari ini?


Karena di header blog sendiri udah pede banget masang kategori "COOK & RECIPE" mau-gak-mau harus diisi lah itu kategori. Tapi akhirnya jadi bengong sendiri... Isi apa ya?

Setelah menimbang, memikirkan, dan memutuskan, akhirnya, saya bakal mulai posting resep-resep sederhana disini, yang gampang diaplikasikan dan pasti mudah dicari bahan dan alatnya.

Baiklah, pertama, kita akan masak.... RAJUNGAN SAUS RENDANG!


Bahan:
  • Rajungan 2 kilogram
  • daun kunyit 2 lembar
  • daun jeruk 2 lembar
  • serai 2 batang, memarkan
  • santan 1000-1500 ml dari 2 butir kelapa
  • minyak goreng 2 sendok makan
Resep Bumbu Halus:
  • bawang merah 10 butir
  • bawang putih 6 siung
  • cabai merah 150 gram
  • cabai rawit sesuai selera
  • kemiri 5 butir
  • jinten 1/2 sendok teh
  • ketumbar 1 sendok teh
  • kunyit 1/2 cm
  • jahe 1 cm
  • garam secukupnya

Pertama-tama, rebus rajungan dengan sedikit garam dan perasan jeruk kunci di airnya, sampai matang. Kira-kira 45 menit lah. Indikasinya, kulit rajungan berubah orange kemerahan, dan wangi ya. Setelah matang, angkat, tiriskan, lalu buka cangkang-cangkangnya, agar saat dimasak nanti, bumbu meresap ke dalam. 

Lalu, panaskan minyak goreng, dan tumis bumbu halusnya sampai wangi, lalu masukan air santan.

Setelah cukup mengental, masukan rajungan ke dalam kuali, masak hingga bercampur semua, masak selama kurang lebih 30 menit, karena kalau lebih dari itu pasti lapernya makin jadi.

Hidangkan. 


Itu yang di atas, cara susahnya sih, cara gampangnya, pergi ke pasar, beli rajungan, beli santan, dan beli BUMBU GILING RENDANG yang biasanya ada di tukang santan atau bumbu-bumbu lainnya.

Lalu ikutin step by stepnya tadi. Selesai! Taraaaa!! Rajungannya siap santap! Lezaaat!



Rasanya gimana? Jangan ditanya, ayah saya yang punya diabetes aja minta tambah berkali-kali kalo makan ini, beneran enak. Dan kalo dimakan bareng nasi putih hangat yang masih beruap-uap itu, duuuh.... hati-hati ya, inget kolesterol!

Selamat mencoba!



On see-food diet,


Dina the seafood lover.












Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah singgah. Tak perlu segan untuk menyanggah atau memberi tanggapan atas pikiran yang tercurah. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau mengganggu pikiran bisa kirim DM ke @celoteholic ya!

Diberdayakan oleh Blogger.