SMARTPHONE EMAK-EMAK ZAMAN NOW: HUAWEI NOVA 3i!


Sudah jam 11 malam lewat 15 menit, tinggal 40 menit lagi kesempatan saya untuk submit formulir lomba blog yang diadakan oleh Huawei bekerja sama dengan Koh Huang, seorang teman blogger kenamaan di Palembang dan Indonesia, saya sebetulnya sangsi bisa kekejer ndak ya, tapi yang namanya usaha, harus pantang menyerah, bukan? Yang penting dicoba dulu, baru berserah. Bukan menyerah :)

Kok malem banget nulisnya Bun? Yah... Beginilah hidup ibu-ibu muda yang baru punya anak, masih bayi pula, belum bisa jalan sendiri, kemana-mana masih nempel sama induknya, terlebih, saya di rumah mengurusnya sendiri, dari sejak dia di dalam kandungan, sampai umurnya sudah setahun lebih setengah bulan, saya dan suami membesarkannya tanpa bantuan ART atau Nanny. Susah gak? Bukan main! Makin bertambah umurnya, makin banyak saja tingkahnya. Buna-nya meleng sedikit, sudah ‘makanin’ kunci, ngacak-ngacak isi lemari, atau bahkan menjepit tangannya sendiri di laci. πŸ˜“
Baru tau rasanya, begini lah kehidupan setelah jadi Ibu. Tapi mau gimana pun juga, hadirnya Dilan, anak kami, tetap anugrah terindah sepanjang perjalanan hidup ini. 


Dan di jam segini lah saya baru bisa menarik nafas lega, melihat Dilan tertidur damai dalam dekapan ayahnya yang baru saja pulang kerja dari shift malam.
Hhhh… jadi panjang nyeritain anak, tapi gapapa toh, karena niat saya ikut lomba ini pun, karena Dilan, sang anak lelaki pertama yang sedang lucu-lucunya. 






***


Sejak hamil Dilan di bulan pertama, saya sering kali mengabadikan segala bentuk momen kehadirannya. Baik itu dari foto test pack, foto hasil USG, sampai ke semua video-video USG Dilan yang biasa dilakukan tiap bulan. Melihatnya menggerak-gerakkan tangan dari dalam, seolah dadah-dadah sama ayah ibunya ini, bikin hati hangat setiap saya putar videonya dulu. Iya, sering kali saya putar video amatir oleh Mas Suami, merekam layar TV yang disambungkan dengan mesin USG, kalau merasa kangen tapi belum ada jadwal kunjungan ke dokter lagi. 


Dan hp saya saat itu sudah ketinggalan jaman sekali. Perlu hapus beberapa kali memori agar tetap bisa menyimpan file-file foto dan video Dilan di hp tersebut. Karena makin bertambah usia kehamilan, video yang direkam sudah bukan lagi tentang gambaran USG saja, tapi juga video perut buncit yang bergerak-gerak karena ada bayi yang sedang mengulat, atau foto-foto semua barang lucu tentang bayi tiap kali lewat pusat perbelanjaan, dan menyatukannya dalam picture folder: Wish-List. 


Beli memory card pun rasanya gak terlalu banyak membantu, karena semakin berat isi memory card, semakin berat kerja hp untuk membukanya. Jadi kalau mau sering-sering buka foto atau play video, ya wajib sering-sering ngosongin memori dan bersihin RAM. Ribet ya? Asli.


Ketika Dilan lahir, Mas Suami berbaik hati memberikan hp dengan merk berbeda dari yang saya pakai, yang speknya biasa-biasa aja, tapi di atas hp lama saya, alias hp bekas beliau lalu diturunkan ke saya, dan beliau membeli hp baru lagi. Hp yang lebih mumpuni untuk meladeni kegemarannya bermain game online di hp. Karena kalo dulu, waktu masih main Clash of Clan, hp-nya baik-baik aja. Tapi begitu ada Mobile Legend dan PUBG, hpnya tentu saja bertingkah.

Dan Mas Suami gak mau repot-repot mikirin budget buat beliin istrinya hape baru. Karena dipikirnya, dipake buat apa sih sama ibu-ibu macam istrinya gini, nge-game juga ndak pernah. Pake hp bekasnya pasti udah cukup. Tapi ternyata, jreng-jreng-jreng....! Istrinya ini ngelebih-lebihin sutradara film tiap ngambil video si anak dan udah ngalah-ngalahin fotografer profesional tiap motoin si anak.

Karena, Ibu mana yang tahan, ngeliat perkembangan anaknya dari hari ke hari tanpa ada dokumentasi. Pas anaknya senyum pertama kali, si ibu terharu. Pas senyum kedua-ketiga-keempat, mulai deh si Ibu terpacu, langsung ambil hp, rekam-rekam, foto-foto dan posting-posting di sosial media. Iya dong, semua orang harus tau, kalo aku punya anak yang lucu. Semua Ibu baru pasti pernah ngerasain momen ini kok, yang ngebedain cuma kadar pamernya aja. Kalau disidak pun, isi galeri hp ibu-ibu pasti hampir sama semua jenisnya: foto anak, foto anak, foto anak, foto olshop, screenshot resep, foto anak lagi, baru foto sama suami. Bener apa bener, Bu Ibu? Hahahahahahaha! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚


Maka seketika, penuhlah memori hp yang belum lama di re-fresh itu. Mulai lagi terputar lagu lama, dari mulut sang istri: "Yang, kok hapenya ngelek sih?", "Yang, hpnya gak mau buka galeri nih..." sampai ke "Ayang sih, ngasih hpnya bekas ke aku, coba beliin yang baru." dengan muka memelas dan pasang wajah prihatin. 

Mungkin karena nggak sampai hati, atau gak tahan denger istrinya ngomel setiap hari, Mas Suami akhirnya bilang, "Ya udah... Kamu maunya hp yang gimana.... Tapi sesuaiin budget ya. Ini pun harus nabung dulu, gak langsung ada duitnya."

Sederhana dan realistis. Tapi cukup membuat saya bersorak-sorai di dalam hati.

Daaaan... mulailah saya mencari Smartphone Idaman 2018. Lalu pilihan saya jatuh kepada: Huawei Nova 3i.




Kenapa harus Huawei Nova 3i? 

Karena Koh Huang dong! Hahahahaha, waktu si Kokoh posting press release (bukan review ya) di blognya, saya yang emang selalu ngikutin postingan Koh Huang di media sosialnya langsung penasaran pas baca. Tepatnya meragukan. Kalimat semacam, "Ah, masa sih?", "Ah yang bener sih?", "Seriusan aja?" berkali-kali saya gumamkan pas baca keunggulan-keunggulannya. Terlebih begitu ngulik lebih dalam dengan keyword Huawei Nova 3i di Google, keluar banyak sekali artikel, post dan vlog review-nya. Sampai-sampai dari gak seyakin itu, jadi sepengen ini sama Huawei Nova 3i. Iya, pengen pake banget banget banget, sampe bela-belain ikut lomba blog ini waktu tau dari Koh Huang, walau blog saya berdebu, saking lamanya gak disambangi postingan. :))


Menurut saya pribadi, hp yang dipake emak-emak zaman now, haruslah hp yang punya fitur-fitur yang mumpuni, yang mendukung pekerjaannnya di rumah sebagai ibu, koki, tukang bersih-bersih, guru, akuntan, perawat, sekretaris sampai manager suaminya, bahkan harus siap sedia tiap ada kejadian tak terduga, semisal anak GTM (Gerakan Tutup Mulut) atau tantrum gak berhenti sementara kerjaan semakin antri.

Jadi, hp bukan cuma buat dipake gabung ke Whatsapp Group Ibu-Ibu A, B, dan C, lalu share-forward-broadcast berita hoax atau berita-berita lambe turah aja. 

Makanya, hp emak-emak itu harus yang android, dan Huawei Nova 3i ini udah pake sistem operasi Android Oreo EMUI 8.2. Kenapa harus android? Karena sudah teruji dan terbukti kemudahan pengoperasiannya, gampang mengutak-atiknya, sampai cara me-root-nya pun ada step-by-step-nya di Google. Jadi gak dikit-dikit bawa ke service centre, dikit-dikit bayar repair-charge tiap hp gak mau hidup atau stuck, kalo bisa benerin sendiri, ngapain bayar tho? Kan rugi ya Bu, mending duit perbaikannya dibeliin baju anak, setuju?


4 hal dari Huawei Nova 3i yang bikin saya jatuh hati:


1. Desain dan warnanya yang cantik banget.

Kalo ibarat wanita, pakai gaun malam dengan perpaduan warna biru dan ungu di pesta malam hari tuh otomatis bikin cantik. Elegan, berkelas dan seksi. Itu yang saya lihat begitu muncul fotonya di google image. Ada pun pasangannya yang warna hitam, udah kaya pria matang dewasa nan tampan pakai tuxedo set ke pesta dansa. Pas banget buat saya dan suami kan, saya pake yang iris purple, suami pake yang black, duh, tolong di-aamiinin dulu ya Bu, Pak, siapa tau kalo yang nge-aamiin-in lebih dari 40 orang, saya dan suami bisa beneran pake hp sekeren ini.




Untuk desainnya sendiri, dengan layar ukuran 6,3 inch FHD+ (2340x1080) aspek rasio 19.5 : 9, lebar 75.2 mm, tinggi 15.6 mm dan berat 169 gram sudah termasuk baterai, mau dibawa dalam pouch gak ngeberat-beratin, dikantongin juga gak makan tempat, atau dipegang di tangan juga bakal mantep tuh genggamnya. Apalagi tangan saya termasuk tangan-tangan gempal yang sering banget typo kalo ngetik di hp layar kecil. Mau ngetik 'tau' jadi (maaf) 'tai', mau ngetik 'banget' jadi 'bangst' saking buru-buru dan letak huruf yang berdekatan. Kan bikin malu ya, apalagi kalo typonya di grup whatsapp keluarga atau perkumpulan penting lainnya. Mau auto-left seketika aja rasanya.




Ada lagi nih, tampilan full view display dengan fitur notch atau poni pada Huawei Nova 3i bikin gambar terlihat lebih besar dan warna yang lebih tajam saat digunakan, muterin video Baby Shark buat bikin anak kalem sebentar pasti makin ciamik kan. Hohohoho, iya Buibu, ini trik saya, kalo misal kita lagi ada kerjaan mendesak tapi anak gak mau lepas dari gendongan. Buka aplikasi pemutar video online dan putar Baby Shark, pasang hp di lazy pod dan anak akan tenang selama durasi videonya.

**Disclaimer: ini trik dipakai saat kepepet aja ya Bu, bukan tiap hari dan gak boleh lebih dari 2 jam seminggu.





2. Gak cuma 2, Huawei Nova 3i ngasih 4 kamera buat pemiliknya!


Dulu, waktu pake hp lama, kalo mau foto, harus di tempat yang cukup cahaya mataharinya, gak goyang objeknya, dan harus pinter-pinter nyari angle kalo mau hasil fotonya cukup laik tampil di media sosial, alias, instagramable.

Kalo pake hp ini kayanya gak perlu lagi deh, moto serempong itu, karena hp cantik ini sudah dilengkapi empat kamera sekaligus. Kamera depan dan belakangnya dilengkapi dengan lensa ganda, resolusi 16 MP + 2 MP aperture F/2.2 untuk kamera belakang dan 24 MP + 2 MP aperture F/2.0 untuk kamera depan. Bayangin deh, Bu, kebayang kan hasil fotonya bakal sebagus apa, sejernih apa, setajam apa, dan ada efek bokeh kaya kamera-kamera profesional itu! Hasrat dan passion kita sebagai sutradara dan fotografer pribadi untuk anak pasti akan terpenuhi dengan kualitas kamera hp secanggih ini. Mantap jiwa, Buibu!





Teknologi Artificial Intelegent-nya pun ngebantu banget untuk misah-misahin kapan foto-foto diambil, di lokasi mana, sampai bisa ngeklasifikasi sesuai wajah loh. Jadi kalo mau buat video kompilasi tentang perkembang anak dari umur 0 s.d 12 bulan untuk bikin video ulang tahunnya, kita tinggal pilih foto anak, dan muncul semua video atau foto yang ada wajah sang anak di sana, tinggal diedit deh! Mudah bukan?




Foto selfie juga jadi lebih bagus hasilnya, karena teknologi AI itu mampu mengenal latar potret seperti langit, pantai, gunung, bunga, dan lain sebagainya.




Lebih nyenenginnya lagi nih, ada AR Lens mode. Kalo pake ini, anak pasti lebih seneng diajak belajar mengenal binatang dan hewan-hewan yang ada di pilihan emoji, karena karakter yang dipilih bisa menirukan gerakan mulut kita dalam video yang direkam.


Gak ketinggalan ada Effect Mode-nya juga, Bu, gak perlu instal aplikasi lain, karena dari Huawei Nova 3i-nya sendiri sudah melengkapi dengan begitu mengerti kenarsisan diri ini. Hohohohohohoho.

3. No more apus file ini, apus file itu, karena storagenya 128 GB!

Kabarnya, ini kapasitas penyimpanan data yang paling besar di kelas smartphone mid-end saat ini. 128 GB, Boooookk! Mau video-in anak seharian, 24 jam juga ayok aja, pake nih Hp! Paling emaknya yang capek sendiri megangin hp sambil ngikutin anaknya kemana-mana. Hihihihihi. Mau simpen foto anak dari bayi merah, sampe dia udah bisa pake kaos jersey merah sendiri pun, bisa!

Sebagai ibu-ibu baru yang berasa sudah seabad gak menyentuh bioskop karena anak belum cukup umur untuk diajak nonton, keberadaan 128 GB ini, bisa banget loh Bu, dipake buat simpen file film dari aplikasi-aplikasi terkait. Mau simpen satu serial drama korea juga masih sisa banyak Bu, lumayan banget buat mengobati kerinduan kita akan drama-drama romantis atau keseruan film action dan horor. Takut kepenuhan? Tambahin dengan memori eksternal sampai 256 GB! Nah, kurang apa lagi coba...

Intinya, ini hp paling mengerti kebutuhan ibu-ibu macam kita, yang isi hp-nya dari aplikasi mobile (segala) banking, messenger, resep masakan, dokter online, taksi online, ojek online, sampai media sosial online, semua ada di hp. Niatnya sih mempermudah, tapi tentu saja, membuat hp hank seketika, karena RAM-nya gak kuat dipaksa bekerja, pun memorinya tak muat, melebihi kapasitas yang ia bisa. Jadi, kalo pake Huawei Nova 3i, kayanya gak perlu beli memory card lagi deh... Kalo kata Mas Suami, abisin aja dulu satu ini, satu aja gak habis-habis. Hihihihihi.

4. GPU Turbo, bikin gaming lancar anti nge-lag!

Untuk perihal ini, Mas Suami lebih paham dari saya, karena memang dia yang gamer dan saya hanya penikmat teriakan-teriakan beliau disaat menang, kalah ataupun mengumpat karena hp-nya nge-lag di saat-saat genting. Kabarnya teknologi GPU Turbo di hp ini membuat pengalaman gaming jadi lebih nyaman dan lebih hemat baterai. Teknologi ini juga bikin grafis gamenya jadi lebih bagus. 

Daaaan... ada mode uninterrupted gaming yang bisa memblokir notifikasi dan panggilan telepon tak ditunggu, saat sedang bermain game. Luar biasa bukan, tak ada lagi yang mampu mengganggu Mas Suami menikmati me-time-nya, asal gak lupa waktu aja ya, Pak.

Atau, kalau memang rejeki saya bisa punya hp canggih ini, saya yang biasanya cuma diem tiap Mas Suami main game, mungkin bisa mulai ikutan main, install aplikasi game-nya dan minta ajarin cara mainnya, ngobrolin tentang game sama suami di kamar tidur pasti lebih seru, ya Bu... Asal gak bikin anak kebangun aja, hihihihi.




***

Cukup 4 hal di atas, tapi saya sudah memantapkan hati untuk menjatuhkan pilihan kepada Huawei Nova 3i kalo ditanya, "Mau beli hp apa?" sama Mas Suami. 


Selain karena kapasitas baterainya juga besar, gak perlu bawa power bank kemana-mana, harganya pun masih masuk akal untuk smartphone dengan kualitas semacam ini. 
Masih banyak yang perlu dipikirin, kalo mau beli Hp aja, harus ngeluarin belasan juta, jadi cukup dengan Huawei Nova 3i saja, daku sudah bahagia. 





Jadi seperti itu ya, Bu-Ibu, Pak-Bapak, kenapa saya sangat mengidam-idamkan #HuaweiNova3i_ID sebagai Smartphone Idaman 2018 ini, karena menurut saya, hp ini bisa mendukung aktivitas dan pekerjaan utama saya sebagai istri dan ibu rumah tangga.  

Apakah pekerjaan saya hanya ibu rumah tangga biasa? Tentu tidak, dalam keseharian, saya menyambi jadi dokter gigi dan foodies di platform instagram, yang tentu saja, sangat akrab dengan smartphone dan media sosial.

Tapi, apalah artinya semua pekerjaan saya di luaran, ketika diri ini lebih bangga mengenakan daster di rumah, dan menjadi pendidik, pengayom, pengasih, dan pengasuh bagi darah daging saya sendiri. And I #ChooseTheBest , Huawei Nova 3i pasti mampu untuk mengabadikan semua momennya.



Salam hangat, untuk semua Ibu yang sedang membaca ini, saya dan Anda hebat!



**Huawei Nova 3i Blog Competition by Koh Huang.
#ChooseTheBest
#HuaweiNova3i_ID
#DHXHuaweiNova3i












14 komentar:

  1. Baca ini jadi berkaca ke diri sendiri. Memori hp penuh sama foto anak. Kerjaan aku tiap minggu pasti bersih2 memori ho agar lapang selalu. Apa aku ganti Huawei aja ya, hihi. Btw gudluck lombanya ya, semoga menang mbak Din! ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi sama-sama mbak, semua ibu pasti ngerasain hal yang sama toh! Makasih banyak ya mbak!

      Hapus
  2. Huawei Nova 3i emang keren, kameranya itu lho pake fitur AI, dan mega pikselnya juga gede, 24 mp sama 16 mega piksel, jadi buat motret bisa jernih banget.

    Btw permisi Mbak Dina Oktaviany, itu gambar milik saya Mbak yang tidak saya kasih marker, yang efek kamera belakang sama kamera depan selfie master, dan sayangnya kita ikut lomba pada penyelenggara yang sama, Koh Deddy Huang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel saya bisa di baca disini https://kangamir.com/2018/09/30/huawei-nova-3i/

      Hapus
    2. Selamat pagi dan salam kenal Mas Amir, mohon maaf sekali, karena tidak ada watermark, saya mengira itu dari web resmi Huawei, salah saya tidak check, recheck dan triple check. Saya hapus segera ya Mas, semoga ada masing-masing rejeki buat kita di antara 3 pemenang! Terima kasih banyak ya Mas Amir, sudah dengan baik sekali mengingatkan, maafkan emak-emak kudet ini.

      Hapus
    3. Tidak apa apa Mbak, salah saya juga karena tidak di kasih marker. Moga kita sama sama beruntung ^^

      Hapus
  3. Asik nih Huawei. Btw, Aku dulu pake Huawei lohh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, senior di perHuaweian nih, terima kasih banyak sudah mampir, Molly!

      Hapus
  4. Aih setelah baca review mama Dilan jadi pengen punya....hp Huawei

    donasaurus.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahaha, iya kan Buuuk, sapa yg gak ngiler kalo hp sebagus itu masih sanggup lah mimpi dan nabung duitnya. Hahahaha, makasih sudah mampir ya Biciiik

      Hapus
  5. Beuuuuuuuuuuh, warna birunya tsakepppp, dilannya juga tsakeeeeep, jadi pengen dua duanya #loh kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahahaha dak dijual Te Inuuun, tapi bolehlah dilelang buat jadi mantu. #lah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  6. Terima kasih ya sudah partisipasi dalam blogging competition. Semoga beruntung ya ;)

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah. Tak perlu segan untuk menyanggah atau memberi tanggapan atas pikiran yang tercurah. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau mengganggu pikiran bisa kirim DM ke @celoteholic ya!

Diberdayakan oleh Blogger.