Ngobrolin 'Tamu Bulanan' dan 'Tamu Tak Diundang' di HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih : BERSIH SEHAT BEBAS WORRY

Hampers yang didapat di acara Hijup Meet Up Blogger x Softex Daun Sirih


Selamat menjalankan puasa hari ke-dua Ramadhan, bagi teman-teman yang sedang merayakan dan beribadah di bulan ini.

Hari pertama puasa kemarin, alhamdulillah lancar dan sukses sampai berbuka, bukanya pun bersama keluarga suami, jadi nggak cuma bertiga sendiri di rumah, tapi bareng ayah ibu mertua dan adik-adik ipar, alhamdulillah, termasuk satu hal yang saya rindukan kala Ramadhan, makan bersama dan merasa hangat di dada, bersyukur kala masih bisa melihat senyum ceria keluarga.

Tapi...

Jeng-jeng-jeng... Selepas isya kemarin saya kedatangan tamu bulanan nih! Wah, untung si tamu datangnya setelah berbuka, jadi gak perlu ganti puasa kan? Hehehehe. Terpaksa di hari kedua, saya tidak bisa menemani suami berpuasa.

Untungnya lagi, Sabtu di minggu lalu, saya sempat hadir di acara Hijup Meet Up Bloggers Palembang X Softex Daun Sirih. 

e-invitation acara Hijup Meet Up Blogger X Softex Daun Sirih


Walau harus menembus kemacetan di semua titik padat lalu lintas di hari Sabtu itu, syukurnya, saya tidak ketinggalan keseruan seluruh rangkaian acaranya. Karena rugi dong, sudah terpilih untuk datang, masa tidak maksimal, karena bukan cuma di Jakarta dan Palembang saja acara Bloggers Meet Up ini diadakan, bakalan ada Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih di Banjarmasin dan Makassar di tanggal 1 dan 8 Juni nanti. 

Duduk di deretan kursi dengan meja panjang yang didekor sedemikian cantik, langsung bikin mood naik. Begitu duduk, udah yakin ini acara bakalan seru sambil masih menganggumi dekorasi meja yang ada satu-dua selipan daun sirih asli di antara dedaunan imitasi yang menambah estetika. 

Dekor meja tempat para undangan duduk

   

Dan benar saja, dipandu dengan kak Yessi Ismiralda, MC yang asik dari awal sampai akhir acara, saya dan teman-teman blogger dapet berbagai macam ilmu dan larut dalam keseruan di acara ini. Mau tau, gimana serunya? Lanjut baca ya, hihihi :D


Foto MC yang seru abis, Yessi Ismiralda.
source: www.instagram.com/yessiismiralda
HEALTHY WOMEN TALKSHOW: Bincang seru tentang temannya si 'tamu bulanan' dan 'tamu tak diundang' di miss-V kita.

Ngomongin soal 'tamu', pasti kalian tau kan, yang dimaksud siapa. Yang suka dateng tiap bulan dan bikin uring-uringan, gak nyaman, belum lagi, males gerak atau aktivitas seharian karena 'takut tembus'. Walau saya bukan termasuk wanita yang suka tembus setiap datang bulan, tapi dulu waktu masih sekolah, pasti punya temen yang tiap lagi dapet, pasti bawa rok ganti. Kok sesama wanita bisa beda-beda gitu ya? 

Naaah, di acara Hijup Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih kemarin, dikupas tuntas tuh soal ini. Gak nanggung-nanggung, narasumbernya langsung yang ahli di bidangnya loh: dr. Abarham Martadiansyah, Sp.OG (spesialis Obstetri Ginekologi), Anastasia Erika (brand manager Softex Indonesia) dan Indah Nada Puspita (social media influencer).

Menyempatkan foto selfie bareng kak Indah Nada Puspita,
yang selama ini hanya bisa lihat di televisi :))
Buat yang belum kenal, Indah Nada Puspita ini siapa, boleh digoogling buat lihat seabrek aktivitasnya, prestasinya, wawasannya, sampai kecantikannya yang masyaallah. Beliau ini adalah fashion blogger yang tergolong sukses dengan #OOTD (outfit of the day) yang jadi fokus di blognya. Apalagi orangnya memang cantik dan baik sekali, gak heran kalau dari blog, dia bisa jadi brand ambassador, punya brand sendiri, jadi penyanyi, bahkan sekarang udah melalang buana ke penjuru dunia dengan acara TV yang dipandunya: Hijab Traveling  di Trans 7. 


foto Indah Nada Puspita saat acara kemarin,
diambil dari instagram.com/indahnadapuspita
Dan dengan aktivitas sebanyak itu, Nada juga tetap seorang wanita pada umumnya, yang juga kedatangan tamu bulanan tanpa mengenal jadwal syuting atau acara penting. Ia berbagi pengalaman kepada saya dan teman-teman blogger, tentang menyiasati tamu bulanan saat traveling dan beraktivitas. 

Kekhawatirannya sama kok, sama-sama takut bocor dan tidak bisa menemukan rest room secepatnya untuk mengganti pembalut. Karena pasti risih kan, kalo lagi di dalam perjalanan tiba-tiba noda merah yang muncul, belum lagi rasa becek, atau lembab yang ditimbulkan, sehingga pembalut yang panjang menjadi pilihan paling aman menurutnya untuk dipakai setiap datang bulan tiba. Nada bilang, sejak dapat menstruasi pertama kali di kelas 1 SMP dulu, ia sudah menggunakan Softex dengan  varian yang bersayap (wings), karena terbukti aman, tidak bocor dan tidak lari kemana-mana posisinya.

Belum lagi keluhan nyeri datang bulan yang biasa menghantui dan bikin  uring-uringan, Nada bercerita kalau setiap haid, pasti ia akan merasakan nyeri di awal, di hari pertama datang bulan dan sakitnya lumayan juga. Makanya, Nada selalu menjaga kesehatan tubuhnya dengan minum air secara teratur (min. 8 gelas sehari), mengonsumsi buah-buahan, meminimalisir makanan instan dan mengganti pembalut tiap 3-4 jam untuk mengurangi kelembaban di area kewanitaannya.

Jadi, datang bulan bukan lagi alasan untuk menunda aktivitas hanya karena takut bocor dan rasa tak nyaman selama kita menggunakan pembalut yang tepat.

Selanjutnya, kami para blogger, dicerahkan dengan penjelasan plus tanya jawab bersama dr. Abarham Martadiansyah, Sp.OG tentang si tamu tak diundang, yang sering datang dan tak jarang mengganggu miss-V kita, keputihan. 


dr. Abarham Martadiansyah, Sp.OG memberikan penjelasan bagi kami soal kesehatan organ intim wanita.
Keputihan disini bukan warna yang terlalu putih atau bedak yang terlalu banyak ditempel jadi beda warnanya ya :)) 
Keputihan merupakan sekresi vaginal pada wanita yang bisa digolongkan menjadi dua, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis) adalah kondisi yang normal jika muncul tanpa ada keluhan, seperti tidak berbau, tidak gatal, tidak sakit dan atau tidak berwarna lain selain putih dari dalam organ kewanitaan kita. 

Memberi penjelasan secara lugas, poin per poin. Foto dokumentasi dari kru acara.

dr. Abarham Martadiansyah, Sp.OG menyampaikan tentang faktor resiko yang bisa membuat area kewanitaan menjadi tidak sehat, seperti:
  • Seks Bebas. Sudah tentu, bergonta ganti pasangan berarti mengizinkan bermacam-macam bakteri masuk bergantian dan menimbulkan penyakit. 
  • Penyakit tertentu seperti HIV, Diabetes Mellitus. Wanita yang memiliki penyakit diabetes, tentunya memiliki kadar gula yang tinggi di dalam darah, dan itu menyebabkan sistem imun tubuh melemah sehingga jamur dan bakteri dapat dengan mudah berkembang biak area kewanitaan.
  • Antibiotik yang tidak rasional. Pemberian antibiotik yang tidak sesuai dengan indikasi penyakit, tidak sesuai dengan resep dan tidak mematuhi aturan minum yang dianjurkan akan menyebabkan bakteri bermutasi menjadi superbacteria, bakteri yang kebal terhadap obat dan makin berkembang dengan pesat. 
  • Perubahan hormonal. Ini adalah hal wajar yang terjadi dalam fisiologis tubuh wanita. Contohnya ketika hamil dan setelah melahirkan. Sebelum dan setelah haid. Ketidakstabilan hormon ini lah yang bisa menyebabkan keputihan. 
  • Kebiasaan Merokok. Zat-zat beracunnya tentu akan mengurangi daya tahan tubuh terhadap bakteri-bakteri jahat, termasuk di area kewanitaan.
  • Kebiasaan mengonsumsi alkohol, sama seperti efek dari kebiasaan merokok.
  • Stress. Ini yang paling sering sih, tapi biasanya kalau stress-stress biasa, keputihan yang ditimbulkan masih normal dan wajar kecuali sudah ditambah dengan faktor penyakit lain. 
  • Obesitas. Nah ini bisa jadi penyebab keputihan juga loh ternyata.  


Beberapa bloggers mencatat poin-poin penting yang telah disampaikan di hp masing-masing.

Dengan beberapa faktor resiko yang dijelaskan, jika keputihan menimbulkan gatal, nyeri, bau tidak sedap, vagina kemerahan atau iritasi, pendarahan setelah siklus haid berakhir atau bahkan saat sudah menopause, adanya rasa nyeri saat berhubungan intim dan adanya benjolan di vagina, waaah, itu tandanya kita harus segera cek ke dokter.

Soal bau tidak sedap di area kewanitaan juga cukup menjadi concernkarena berbeda bau ternyata berbeda variasi dan penyebabnya juga. Jika keputihan disebabkan oleh parasit, baunya akan seperti ikan busuk. Jika keputihan disebabkan oleh jamur, baunya akan seperti amis-amis gitu. Tentunya untuk yang sudah menikah, ini yang paling dihindari, karena bisa menurunkan 'keharmonisan' suami istri. 

Makanya, ketika keputihan sudah tidak normal, segera lakukan pemeriksaan di dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat, dan untuk menjaga miss-V dari keputihan, selain dengan menjaga kesehatan, kita bisa melakukan:
  • selalu keringkan vagina setelah buang air kecil
  • menggunakan pembersih vagina dari bahan alami
  • membasuh organ intim sebelum dan setelah bersenggama
  • segera mengganti pakaian setelah berkeringat karena berolahraga
  • menghindari penggunaan celana yang ketat dan tidak menyerap keringat
  • tidak menggunakan douche yang bisa mendorong kuman dan bakteri makin masuk ke dalam rahim.
  • mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol rokok
  • tidur tanpa celana dalam di malam hari, untuk membiarkannya kering dan 'bernafas'
  • menggunakan dan mengganti panty liner setiap tiga jam sekali untuk menjaga area kewanitaan tetap kering dan bersih.

Kak Anastasia Erika memberikan penjelasan tentang produk Softex Daun Sirih

Nah, ketika sudah masuk pada bahasan pembalut dan panty liner nih, baru deh kak Erika mulai cerita banyak.

Softex Daun Sirih

Kenapa sih, softex bisa jadi majas penyetaraan untuk semua nama pembalut? Pasti pernah deh ngalamin, dimintain tolong sama ibu untuk beli pembalut dengan kalimat, "Tolong beliin softex, ya Nak", padahal merk pembalut yang kita beli belum tentu Softex. Itu karena produk Softex sendiri sudah ada dan terus bertahan sejak tahun 1974 sampai dengan sekarang. Sehingga wajar kan, merk pembalut apapun yang muncul setelahnya pasti tetap disebut 'softex' oleh orang awam. Gimana gak bertahan, selain jadi pelopor, Softex Indonesia pun gak main-main ketika mengeluarkan produk. Harus berdasarkan riset, dan tentunya memang bermanfaat bagi penggunanya.

Berdasarkan hasil riset yang tim Softex lakukan pada beberapa dokter kandungan di Jakarta, didapatkan hasil bahwa permasalahan area kewanitaan yang dihadapi wanita Indonesia gak jauh-jauh dari infeksi, gatal-gatal dan keputihan. Ya wajar sih, karena Indonesia sendiri merupakan negara tropis dimana curah hujan dan kelembaban tinggi, yang membuat penduduknya akan mudah berkeringat. Apalagi kalau banyak aktivitas yang membuat keringat lebih banyak keluar, tentunya di sekitar organ intim juga.

Dan pada saat menstruasi, darah haid menjadi medium yang sangat baik untuk bakteri bereplikasi. Karenanya, sangat disarankan untuk kita para wanita ini, mengganti pembalut atau pantyliner tiap 3 jam sekali, sementara kebanyakan wanita Indonesia, tidak mengganti pembalut dan panty liner-nya tiap 3 jam sekali karena kurangnya edukasi dan informasi soal ini. *Duh kesentil deh...*

Padahal, pemakaian pembalut atau panty liner yang salah justru membuat fungsi utama (untuk mengurangi kelembapan dan menjaga higienitas di area kewanitaan) berbalik menjadi penyebab utama dari masalah kewanitaan. 

Penggunaan pembalut dan panty liner sepanjang hari bahkan dalam keadaan berkeringat bisa membuat pembalut dan panty liner menjadi sarang kelembapan dan tempat yang mendukung bakteri serta kuman berkembang biak.

Maka dari itu, Softex Indonesia sebagai pelopor pembalut pertama di Indonesia menciptakan produk yang juga menggunakan bahan alami: Softex Daun Sirih dengan ekstrak daun sirih di dalamnya.

Kelebihan Daun Sirih itu sendiri, apa Sih?


Dulu waktu masih jaman-jamannya saya ngerjain skripsi, banyak teman yang meneliti kandungan batlephenol, polevanolad, alkaloid, fitokimia, dan kandungan lain yang dimiliki oleh si daun sirih ini untuk diujikan pada bakteri A, B, C dan sebagainya. 

Saya yang mendengar dari cerita dan diskusi mereka jadi cukup paham bahwa tanaman yang bernama latin Piper betle ini mengandung zat antiseptik, antioksidan, antijamur dan berbagai manfaat lainnya, hingga sering dijadikan obat alami untuk berbagai masalah kesehatan.

Dan Softex Indonesia sangat paham dengan manfaat itu, sehingga dibuatlah SOFTEX DAUN SIRIH.

Nah, kelebihan dari Softex Daun Sirih ini apa?


  1. Sirih Protection Technology. Kandungan antiseptik dari daun sirih efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan melindungi area kewanitaan secara alami dan higienis. Adanya ekstrak daun sirih juga membantu mengurangi bau pada area kewanitaan.
  2. Absorb in 1 Sec! Memiliki kemampuan menyerap cairan dalam 1 detik saja sehingga permukaan tetap kering dan nyaman. 
  3. Breathable Layer. Memiliki breathable layer, yaitu lapisan sirkulasi udara untuk mencegah lembab pada area kewanitaan.
  4. Pillow Feel Top Sheet. Permukaan yang lembut dan senyaman bantal sehingga bebas beraktivitas tanpa iritasi.
  5. Hypoallergenic. Softex Daun Sirih telah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sebagai pembalut yang aman bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. 
  6. Stick and Flexible. Perekat yang fleksibel dan kuat sehingga pembalut dan panty liner tetap ditempat meskipun banyak bergerak. 
  7. Dari bahan berkualitas dan standar WHO. Dibuat dari bahan berkualitas dan menggunakan pemutih (chlorine) yang aman dan sesuai standar WHO. 
  8. Dan yang terpenting: HALAL! Sudah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI. 
Setelah maraknya isu chlorin yang berkembang di masyarakat dengan mendeskreditkan beberapa merk pembalut tertentu, wawasan saya tercerahkan dengan penjelasan yang lugas dari Kak Erika, selaku brand manager Softex Indonesia. Jadi lebih tenang dan gak waswas lagi!


Macam-macam varian Softex Daun Sirih


Nah... lengkap banget kan, dari hari pertama siklus menstruasi sampai hari terakhir siklus, softex daun sirih menyediakan semua varian yang tetap nyaman dan aman dipakai tentunya.

Kalo kamu termasuk yang suka bocor saat lagi dapet karena masuk dalam kategori heavy flow, bisa pakai slim ekstra heavy flow yang 36 cm panjangnya! Yes, 36 cm. Dibawa tidur pun gak masalah, gak akan tembus kemana-mana! Setelahnya, baru pake yang Slim Heavy Flow 29 cm dan atau mau langsung ke Slim Regular Flow 23 cm juga boleh. Begitu udah mendekati akhir menstruasi yang keluar cuma sedikit-sedikit atau macam flek, pake yang panty liner-nya juga bisa loh! Karena panty liner softex bahkan ada dua ukuran loh: LONGER and Wider (18 cm) atau reguler (15 cm).

Yang plus-plus-plusnya lagi nih, karena emang ngerti kita banget nih, Softex Daun Sirih juga disediakan dalam satu paket pembalut yang berisi pembalut untuk satu siklus haid atau menstruasi, namanya Softex Daun Sirih 3in1, yang menggabungkan Softex Daun Sirih Slim Extra Heavy Flow 36 cm, Slim Heavy Flow 29 cm, Slim Regular Flow 23 cm ditambah dengan bonus Panty Liners-nya juga loh! Udah lengkap-kap-kap banget! 


Jadi, kalau dulu suka gonta ganti merk pembalut karena nyari yang ada' aja, atau 'yang bungkusnya lucu' atau malah 'yang iklannya si A, si B, si C' sekarang mah... Udah lah, Softex Daun Sirih 3in1 udah paling cucmey! Cucok Meong...


Setelah dapet banyak ilmu dan pencerahan tersebut, apakah acaranya berhenti sampai disitu? Tentu tidak! Setelah jeda acara ISHOMA, ada Workshop Fotografi yang diisi oleh Kak Ade Yolvi.


PHOTOGRAPHY MINI WORKSHOP: FLAT LAY TECHNIQUE

Kak Adel Yolvi sedang mempersiapkan alat untuk pengambilan foto dengan tehnik flat lay.

Ini yang saya selalu suka dari HIJUP Meet Up, selain menambah ilmu, disini juga bisa dapet skill seru yang belum tentu teman-teman kita pernah dapetin. Kaya gini nih, saya dan teman-teman blogger belajar Flat Lay Photo Technique alias tehnik foto flat lay, yang angle pengambilan gambarnya tegak lurus antara objek dan kamera, salah satu tehnik foto instagramable yang paling sering dipake para blogger dan influencer. Selama ini sih saya suka fotonya asal bagus aja, ternyata eh ternyata, ada tehniknya loh, dan kalau kita tau tehniknya, proses foto bakal jadi lebih mudah!

Mengatur komposisi antara objek dan properti agar lebih estetik hasilnya.

Mas Ade Yolvi sendiri, adalah seorang fotografer profesional yang sudah banyak sekali karya dan hasil jepretannya. 

Beberapa tehnik foto flat lay yang diajarkan dan langsung dipraktekkan oleh Kak Ade Yolvi adalah:
  1. Tema. kita harus tentukan terlebih dahulu, mau pakai tema apa di dalam foto kita, karena dengan begitu referensi warna dan kombinasinya nanti akan menyesuaikan dengan produk yang akan difoto. Bisa selaras atau tabrak warna sekalian.
  2. Latar. Latar dari foto flat lay, dipilih dengan prinsip, warnanya dapat menonjolkan produk yang menjadi objek foto. Jangan sampai warna latar sewarna dengan produk atau malah lebih mencolok dibanding warna produk itu sendiri. 
  3. Kondisi produk. Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, kondisi produk itu sendiri harus baik, Tidak penyet, kembung, lecek, atau malah cacat. Kita juga harus tau, yang mana yang tampak depan, tampak belakang, tampak atas dan bawah dari sebuah produk. 
  4. Proporsi Estetik. Nah, untuk terlihat estetik, produk bisa diletakkan di tengah, di pinggir, di ujung, asalkan tetap jadi daya tarik utama (point of interest), menggunakan properti (dan warnanya) yang tepat, dan peletakan objek yang tepat sehingga terlihat balance dan cantik di mata.
  5. Cahaya. Ini termasuk yang penting banget karena baik buruknya sebuah foto bisa ditentukan dengan sumber cahaya yang didapat. Untuk mendapatkan foto yang bagus, pastikan cahayanya cukup, ya teman. Karena cahaya yang cukup tidak akan merubah dari warna produk yang sebenarnya di foto. Jika ingin memberi cahaya tambahan, posisikan sumber cahaya pada 2 sorotan dari sisi kiri dan sisi kanan. Karena kalau tepat dari atas produk, tentunya akan ada pantulan sinar pada produk, sehingga hasil foto tidak akan maksimal.
  6. Pengeditan. Proses pengeditan ini kaya final touch-nya kita kalo lagi dandan lah... Penting ga penting tapi harus dikuasai, bisa diedit pakai aplikasi di hp juga loh... Tapi, jangan sampai warna hasil editan jauh berbeda dengan warna aslinya.
Mas Ade memberikan contoh properti yang digunakan bisa di-touch-up agar terlihat lebih segar.

Workshop foto dengan tehnik flat lay oleh mas Ade Yolvi.

FLATLAY PHOTO CHALLENGE

Setelah Mas Ade ngejabarin dan ngepraktekin tuh semua poin-poin itu, saya dan teman-teman blogger ditantang tuh untuk praktek langsung soal ilmu yang barusan didapat, dan setelah di upload di instagram masing-masing dengan hastag #HIJUPxSoftexDaunSirih #BersihSehatBebasWorry #HIJUPBLOGGERSPALEMBANG #HIJUPEVENT dalam waktu 15 menit, dan 5 foto flat lay terbaik akan membawa pulang hadiah dari HIJUP x Softex Daun Sirih. 

Langsung deh saya praktekin ilmu yang barudan di dapat dengan foto-foto flat lay di atas meja yang memang sudah didekor cantik untuk acara.

Latihan foto flat lay dari atas meja

Foto flat lay kedua

Dan alhamdulillahnya salah satu foto yang saya unggah terpilih masuk dalam 5 foto flat lay terbaik, hihihihi, bawa pulang hadiah deh! Udah dateng dapet ilmu, nambah skill, dikasih hampers cantik isi SEJIWA SCARF dan Softex Daun Sirih, eh, di akhir acara dapet hadiah lagi, emang te-o-pe  banget dah HijUp kalo buat acara!!


Kenapa memilih Softex Daun Sirih??

Karena memang sudah saya buktikan sendiri, semua kelebihan yang sudah saya jelaskan di atas benar nyata adanya. Ini saya sedang pakai yang slim extra heavy flow 36 cm dengan wings. Saya pakai pas lagi banyak-banyaknya seperti sekarang ini nih, tetap kering, gak bocor dan nyaman banget. Keluhan gatal yang biasanya muncul tiap pakai pembalut pun, kali ini alhamdulillah sekarang gak kerasa!



Jadi, sekarang udah tau kan, harus ambil pembalut yang mana kalau belanja bulanan di pasar/ supermarket? Kalo saya sih, masuk dalam 9 wanita yang memilih Softex Daun Sirih karena sudah ngerasain manfaatnya sendiri. Kalo kamu, gimana??

Dan sebagai ucapan terima kasih karena sudah mampir baca-baca disini, saya kasih voucher discount senilai Rp. 50.000,- untuk belanja di HIJUP.com. Caranya gampang banget, cukup melakukan transaksi minimal Rp 250.000,-, lalu masukan kode promo 
HIJUPSFTXPLG 
dan langsung akan terpotong secara otomatis saat melanjutkan pembayaran. Kode voucher ini berlaku sampai tanggal 22 Juli 2018, ya teman! Lumayan banget kan, buat beli baju lebaran...

Semoga Ramadhan kali ini, ibadah kita jadi lebih baik dari Ramadhan kemarin, dan semoga dengan postingan ini, pengetahuan tentang urusan wanita kita jadi lebih tercerahkan dibanding sebelumnya.

Foto bersama Kak Nada dan para bloggers yang diundang.

Terima kasih sudah mampir, tinggalkan jejak di kolom komentar ya!


#HIJUPxSoftexDaunSirih 
#BersihSehatBebasWorry 
#HIJUPBLOGGERSPALEMBANG 
#HIJUPEVENT

HijUp
Website : https://www.hijup.com/id/ 
Instagram : https://www.instagram.com/hijup/
Twitter : https://twitter.com/hijup
Facebook : https://www.facebook.com/HIJUPcom/

Softex Daun Sirih
Instagram: https://www.instagram.com/womenhealthypedia 
Website : http://softexindonesia.com

2 Ramadhan 1439H,
Dina yang lagi gak puasa. ^^v

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah singgah. Tak perlu segan untuk menyanggah atau memberi tanggapan atas pikiran yang tercurah. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau mengganggu pikiran bisa kirim DM ke @celoteholic ya!

Diberdayakan oleh Blogger.