PERSAHABATAN ANTARA AKU dan KAMU

ini bukan tentang kamu kok, 'TEMAN'


jadi jangan geer dulu membacanya...

ini cuma luapan pikiran yang dikompori oleh perasaan aku tentang hubungan antara dua makhluk Tuhan yang sangat berbeda. Yang berasal dari planet yang berbeda. Yang punya isi bilik otak yang sangat berbeda.
YA, ANTARA PRIA dan WANITA.

Jujur, deh... ini memang tentang kamu. Oke ralat, kamu yang jadi inspirasinya.
Kelakuan kamu yang terbayang pertama kali waktu aku pengen nulis notes ini.

Kamu ngerasa nggak sih, hubungan kita ini aneh? Aneh banget...

jelas-jelas, kita bukan kakak-adik. ada hubungan darah juga nggak. hubungan ibu susu juga nggak. hubungan kita, pure, murni, TEMAN BIASA. tapi kenapa kita bisa sedekat ini yah...

aku heran. jelas-jelas heran. awal pertemuan dan pertemanan aku dengan kamu pun, masih belum bisa diterima akal logika aku, kalau kamu cuma ingin berteman...pada awalnya.

kamu tau kan, gimana isi otak aku?? aku tunjukkin deh, gambarnya


kamu liat deh, bagian-bagiannya.
LIAT BILIK PALING BESAR.
apa bacanya? KOMITMEN?
yup! KOMITMEN...


That's why...
that's why kenapa aku ngerasa aneh dengan deringan ringtone nomor kamu di hp aku, di jam-jam yang UNEXPECTABLE.
that's why kenapa aku ngerasa aneh dengan kebiasaan kamu yang jalan dengan perempuan lain sedang kamu punya aku yang bisa nemenin kamu
that's why kenapa aku ngerasa aneh waktu kamu cerita apapun tentang kamu ke aku.

Aku masih belum bisa nemuin korelasi antara hubungan kita dan 'kewajaran'.
Orang-orang yang ngeliat mungkin ketawa geli di belakang kita. Kita selalu nolak untuk dibilang pasangan. KARENA KITA MEMANG BUKAN PASANGAN.

Tapi apa iya, kamu memang nggak ngerasain rasa itu?


Karena jujur...for honest, aku ngerasainnya.
JELAS BANGET. Aku ngerasainnya, teman...
Dan rasa ini, cuma ada saat bersama kamu.

ngeliat tweet @TheLoveStories yang bunyinya,
"Somewhere between our laughs, our long talks, our stupid little fights and all of our jokes..... I fell in love." --- aku spontan inget kamu

ngeliat isi blog anjinggombal.com yang bunyinya,
"Aku kayanya gagal jadi penulis novel deh, soalnya dari tadi nulis, cuma nama kamu aja yang tertulis..." --- aku langsung ngelirik Ms.Word aku yang udah kebuka, dan halaman pertama, paragraf pertama, kalimat pertama, dan kata pertamanya itu nama kamu.

bukan ini yang aku mau. SUMPAH. Bukan ini yang aku harapin dari pertemanan kita.
Aku pengen temenan sama kamu, murni karena pengen nambah banyak teman dan nambah banyak jaringan. Karena pepatah China bilang, "Kalo pengen banyak rejeki, banyakkin kawan."

TAPI MANA AKU TAU, KALO HATI AKU JADI TAWANAN SENYUM KAMU?

Harusnya aku sadar dari awal... nggak ada pertemanan atau persahabatan antara cewek dan cowok.
Nggak ada.
Nggak mungkin, ada dua orang lain jenis, lain kepentingan, dan lain isi otak, bisa berteman dekaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat sekali.

***Kamu mau liat nggak, gimana isi otak kamu, teman?? see this...


dan kamu liat....
BILIK APA YANG PALING BESAR dan PALING BANYAK JUMLAHNYA??
Yup...SEX



Ada sepotong pagi yang indah, yang sempat aku habiskan bersama seorang adik tingkatku yang baik. Yang dengan senang hati mendengarkan ceritaku tentang kamu. Dan menasehati aku soal hubungan ini.
Ia menyarankanku untuk menonton WHEN HARRY MET SALLY... dan kamu, tau, apa yang aku dapat dari film itu (dan dari adik tingkatku itu)??

"Bahwa nggak akan ada hubungan pertemanan antara dua jenis manusia yang berbeda tanpa adanya peranan hati, di dalamnya"

Dan unfortunatelly sekali...aku mengenalmu dengan sangat baik sekali, pada awalnya.
Terkesan dengan ramahnya kamu, dengan lucunya kamu, senyum kamu, dan semua tentang kamu.
Andaikan...andaikan saja aku mengenalmu dengan kesan yang tidak baik pada awalnya, mungkin ada rasa ilfil yang membentengi hatiku untuk merasakan simpati pada diri kamu.


"Hanya SEX yang membatasi pertemanan antara dua orang manusia."

SEX, difilm WHMS itu, mungkin bisa kita analogikan sebagai perasaan, ya teman. Karena itu film luar, dan kita orang timur, sangat bukan kita sekali, budaya orang-orang yang melakukan ONE NIGHT STAND itu...

Jadi, kira-kira seperti ini,
"Hanya PERASAAN HATI yang membatasi pertemanan antara dua orang manusia."
Coba deh bayangin, dua orang lelaki bisa berteman dekat sampai tua itu karena apa? Karena mereka NGGAK AKAN PERNAH BISA SALING JATUH CINTA... dan HAVING SEX dengan sesama mereka"
*oke, in special case mungkin bisa. Tapi bukan itu yang pengen aku bahas disini...*

ada hal-hal yang nggak mungkin dilakukan oleh seorang cowok ke teman cowoknya yang lain... tapi oke aja, kalo aku lakuin ke temen cewek aku...
1. gandengan tangan
2. payungan bareng
3. makan satu piring berdua
4. saling memuji bentuk badan
5. janjian pakai baju sewarna
6. tidur di satu tempat tidur
dan itu bisa aja (dan oke aja) kita lakuin, tanpa dipandang aneh oleh orang, KALAU KITA UDAH JADI MUHRIM...

aku pernah baca status update seseorang di facebook aku...
"Perasaan cinta dan sayang itu ada di hubungan persahabatan dan di hubungan percintaan. Yang membedakannya, cuma rasa ingin memiliki dan JEALOUSY"

Hhhhh....aku mungkin belum sampai ke tahap ingin-memiliki-kamu sebagai seseorang yang cuma buat aku. Tapi perlahan namun pasti, aku ngerasain apa itu yang mereka sebut JEALOUSY, yang menempati bilik terbesar ketiga di dalam otakku.

Aku cuma pengen kamu tau...
Dibanding kamu makin nyiksa aku dengan segala perhatian kamu, dengan segala kebaikan kamu, dengan segala cerita-cerita kamu, yang kamu goreskan di lembar hidup aku dengan mengatasnamakan PERTEMANAN, aku lebih milih nutup lembar hidup pada bagian itu.

Aku cuma pengen kamu tau...
Kalau nanti cerita pertemanan kita sampai seperti cerita yang dikarang oleh seorang temanku ini

"Tangan Alpha gemetar. Air mata di pelupuk matanya coba ia bendung. Saat ini ia tak sanggup berdiri, ia ingin jatuh terduduk, menangis keras, memukul2 dadanya, menggigit keras bibirnya!..tapi, ia tak bisa! ia tak mungkin melakukannya!ia harus tampak kuat dan senang walau semua itu mustahil ia pancarkan. Air mata itu telah menetes. Deras. Dan, tanpa henti.


"Alpha, kamu kenapa?kok jadi nangis sih?"..Yankee berkata, ia heran melihat sahabat wanita dihadapannya kini menatap kosong ke lantai dengan air mata yg tak kunjung berhenti. Namun, tanpa ekspresi. "kamu sedih? kamu takut qt gak bisa deket spt skrg lagi, karna aku akan menikah?"..Yankee terus memburu pertanyaan, namun Alpha ttp diam, gemetar dan menangis. "Alpha...." , akhirnya Yankee memeluk Alpha..erat..membelai kepalanya dan coba berkata" we're best friend. Gag spt org yg pcaran, hubungan persahabatan kita gk akan pernah putus sampai kapanpun. Dimana kamu butuh aku, aku akan ada untuk kamu, kapan aku cari kamu, kamu akan datang utk aku..gk akan ada yg berubah.Jgn takut kehilangan aku.."..Yankee mencoba menenangkan Alpha.


Tetapi, Alpha terjebak pada lamunannya. Ia tahu ia hanyalah sahabat Yankee, ia sadar sebentar lagi ia takkan bs meminta Yankee menemaninya malam hari di telepon ketika ia tidak bisa tidur, ia takkan mungkin bs menangis sambil memeluk erat Yankee ketika hatinya sedang tersakiti, ia takkan mungkin lg menggenggam tangan Yankee ketika ia sakit dan terbaring lemah di kasur,dan takkan mungkin lagi dapat tertidur di sofa rumah yankee sambil memeluk pinggangnya." Yankee...", ucap Alpha sambil terus menangis dan memeluk leher Yankee.

"Alpha sayang...", balas Yankee sambil mengelus kepala Alpha. Hari ini, Yankee memberitahu Alpha bahwa ia akan menikahi Key, gadis yang dikenalkan Alpha kepada Yankee. Alpha lah yang mendekatkan mereka berdua setelah Key mengutarakan rasa cintanya pada Yankee. Alpha lah yg memberitahu hal2 yg disukai Yankee , hal2 yang dibenci oleh Yankee, hingga hal2 yg membuat Yankee jatuh cinta. Alpha lah yg dengan sekuat hati membujuk Yankee untuk mempertahankan hubungannya dengan Key selama 2 tahun ini setiap Yankee ingin putus, setelah Key dengan terisak-isak memohon kepada Alpha untuk menolongnya.

” Yankee..boleh aku tanya sesuatu?”..tanya Alpha dalam isaknya. Masih memeluk leher Yankee. Yankee melepaskan pelukannya, menatap Alpha, ” apa?” jawabnya. ”Apa yang membuat kamu akhirnya ingin menikahi Key?”, tanya Alpha, tangan Yankee sibuk mengusap air mata di pipi Alpha, dan menyeka keringat dingin di kening Alpha. ” Karna, surat cinta itu. Surat cinta yang Key tulis untuk aku di hari ulang tahunku.” jawabnya sambil menatap kosong.

Alpha tercekat. Jantungnya berdegub kencang! Surat cinta? Surat cinta seminggu yang lalu? Yang Key minta aku menulisnya untuk ulang tahun Yankee? Surat cinta yang kutulis tengah malam penuh hasrat kepada Yankee? Gambaran gelora perasaan ku kepada Yankee yang selama ini kupendam? Tumpahan rasa cintaku dengan torehan nama Key yang kutulis di akhir surat? Inikah alasan Yankee menikahi Key? Akankah ia menikahiku bila tahu akulah yang membuat surat itu??

Tangis Alpha meledak. Kedua tangan Alpha yang masih gemetar menutupi wajahnya yang basah karena air mata. Yankee menatap Alpha dengan bingung, ia tak tahu persis apa yg saat ini dirasakan oleh sahabatnya itu. Ia bertanya – tanya dalam hatinya akankah setiap sahabat akan melepas sahabatnya dengan isak tangis seperti itu??. Sekali lagi Yankee memeluk Alpha, ” Alpha sayang.....” , hanya itu yang keluar dari mulutnya. ” hanya itu? Hanya itu satu- satunya alasan kamu menikahi Key?” , Alpha bertanya dalam pelukan Yankee,”....ya,itu satu2 nya alasan yang membuat aku sadar bahwa gak ada yg mencintai ku seperti Key mencintaiku...”. Alpha lemas. Ia tak tahu harus berkata apa? Jika ia mengatakan semuanya, bagaimana dengan Key? Jika ia terus menyimpan semuanya, ia harus melepas satu2nya cinta terpendam dalam hidupnya selama 10 tahun ia bersama Yankee.

Tapi, ia sadar. Semua yg Yankee rasakan adalah refleksi pernyataan cinta Alpha lewat Key. Yankee mampu mencintai Key karena Key merefleksikan cinta Alpha. Yang Yankee cintai sebenarnya adalah DIRIKU!jerit Alpha dalam hati!iya bukan?? “Yankee..aku ingin beri tahu kamu ...sesuatu yang harus kamu tahu”.. Yankee menatap Alpha..” ya..?” tanya Yankee.. ..diiitttt.diiiiit.... . handphone Alpha berbunyi. Satu pesan masuk.

[[Alpha...aku ingin berterima kasih sama kamu. Surat cinta yang kamu buat begitu indah! Hingga mampu meluluhkan hati Yankee yang keras selama ini. Surat cinta itu, begitu tulus dan menyentuh hingga mampu membuat Yankee melamarku!! Aku sungguh berterima kasih kepadamu Alpha...aku berhutang beribu kebahagiaan kepadamu. Semoga Allah menggantinya dengan kebahagiaan yang tiada henti-hentinya seumur hidupmu. Amin.]]

Alpha tertegun. Ia tak tahu harus ikut berbahagia atau tangis berduka! Ia tak mampu menghancurkan kebahagiaan yg Key rasakan dan jg doakan untuknya. ” ada apa Alpha?? apa yang ingin kamu beritahu?...” tanya Yankee membuyarkan lamunan Alpha.
Alpha menatap mata Yankee dalam–dalam, lalu memeluk lehernya sekali lagi, dan berkata ” aku turut berbahagia untukmu, sahabatku...”


LALU AKU HARUS BAGAIMANA...?

2 komentar:

  1. merasa tersindir dengan isi postingan ini..
    ya, mungkin ini yang dibilang 'kalo sebenernya tiap orang itu punya cerita yang sama. walau keliatannya beda'.

    BalasHapus
  2. :) dan kadang ada yang bersedia menuliskannya dan ada yang tidak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah. Tak perlu segan untuk menyanggah atau memberi tanggapan atas pikiran yang tercurah. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau mengganggu pikiran bisa kirim DM ke @celoteholic ya!

Diberdayakan oleh Blogger.