HIJAAB WAALI


ini isi blog lama dari blog friendster gue...

"15 Mei 2007

Assalamu’alaikum wr wb

Pagi semua (karena hari akan selalu pagi untuk para pejuang....)

Fren...pa kabar, kalian semua??? Waah,,,dah lumayan lama juga ya, ga nyapa kamorang lewat BLOG,,,,2 minggu, Jo!! DUA MINGGU yang penuh dengan pergulatan dan perjuangan akan nilai... Dan akhirnya....akhirny...(alhamdulillah)...besok gue pulang ke Lampung ^_^ walau Cuma 4 hari, itu berkah yang harus disyukuri loh =)

Gue lagi nyambi makan ’lunch’ gue waktu nulis blog ini,,,ada yang bisa nebak, gue makan apa?? Hehehehe, bubur instan, fren! Saking malesnya gue pergi beli lauk ke luar, masak nasi di rumah, atau bahkan ngerebus mie sekalipun...Tuh bubur kan tinggal seduh pake aer panas,jadi deh....ada kerupuknya lagi!! Promosi,,,,heheheehe

Sebenernya....gue mau nge-review suatu bacaan yang pantes lo baca...Tapi karena gue ga tau gimana cara nge-review something lewat Fs, jadi, gue jabarin lewat BLOG aja yah,,,lebih luas ini pembahasannya..

Bagi para penikmat sastra....nih novel...uuuhh,,,bahasanya Jo....menyentuh,,,

Bagi para mereka penikmat cinta....pilihan lo ga salah untuk baca buku yang penuh akan cerita cinta yang ironi dan sarkastic,,,,tapi indah dan romantic...

Dan ga lupa pula, bagi mereka penjunjung tinggi suatu ke-syari’-an...nih novel...bisa dibilang Ayat-Ayat Cinta-nya versi Pakistan!!

Pakistan??

Yup, nih novel terjemahan dari ”Novel Paling Greget di Pakistan”...

Dan gue bener-bener ”gregetan” waktu ngebacanya...

Banyak kata-kata indah yang menyentuh yang gue dapetin dari buku ini...examplenya... ”Sebagian orang berdoa agar menikah dengan laki-laki yang mereka cintai...Doaku sedikit berbeda : Aku, dengan rendah hati, memohon kepada Tuhan agar aku...mencintai laki-laki yang aku nikahi”

Dan lo tau, apa artinya dari doa itu??

Gue sebenernya ga mau ngejelasin alur ceritanya, karena bakal lebih surprise lagi kalo kalian yang bener-bener baca sendiri nih novel… Tapi, , , arti dari kalimat yang berkutip di atas, adalah...

Ada seorang perempuan desa yang lugu tapi cerdas terpelajar. Cantik, tapi menutupi kecantikkannya dengan Hijab (jilbab lebar, sejenis jilbab wanita di Timur Tengah sana). Menjadi piatu sejak kecil. Dan pada saat ayah meninggal (saat dia berumur 21), sesaat itu pula, ia telah menjadi istri dari seorang suami (pria kota yang kaya raya, tampan, terpelajar dan merupakan saudara jauhnya) yang bahkan belum pernah ia lihat sekalipun. Itu perjodohan. Dan baik sang lelaki maupun ia, tidak pernah menginginkan pernikahan itu. Kalo di Pakistan sana, ternyata, menikah tu, urusan yang singkat jelas padat. Hanya perlu penghulu, wali, saksi, dan pengantin pria. Orang-orang tua disana terbiasa menikahkan putri mereka tanpa putri mereka ketahui pernikahan itu. Suami dia, yang juga orang pakistan dengan pemikiran moderat dan modern, jelas-jelas menolak ia yang hanya seorang perempuan desa, selagi dia pun telah mempunyai wanita idaman lain yang ingin ia nikahi tapi terhambat oleh masalah sekte (di Pakistan, Islam terbagi dalam 2 mazhab : Syiah dan Sunni). Tuh perkawinan, bener-bener nyiksa tuh cewek lahir batin. Tapi atas penghormatan terakhirnya kepada alm.ayahnya, dia tetap menjadi seorang istri yang taat dan patuh, seperti seorang istri yang dicontohkan oleh istri-istri RasulullahNya). Si cowok, bahkan ga sudi nyentuh dia. Tuh perkawinan, bener-bener jadi neraka buat keduanya. Walau tentu, si cewek yang lebih terluka...Dan,,,,kayanya gue dah kebanyakan ngomong deh...

Mending lu baca dewe deh novelnya....Mempunyai tebal halaman sebanyak 523 dengan tiga halaman sebagai referensi dari bahasa India...thick enough ya??

Tapi lo ga bakal nyesel bacanya...justru novel-novel yang tebel itulah yang mengungkapkan secara jelas dan detail...kaya Harry Potter...keren kan??

Like I said before...novel ini mirip dengan Ayat-Ayat Cinta yang bikin kita masuk dalam kehidupan di Mesir sana...

Kita bisa ngerti gimana kehidupan di Pakistan pun bagaimana orang-orang Pakistan yang juga mulai ‘menjauhkan’ diri dari Tuhannya, alih-alih modernisasi, itu justru membuat mereka terjatuh ke lembah nista.

Nih novel, bukan Cuma ngegambarin keadaan masyarakat Islam disana, tapi juga ngegambarin masyarakat Islam Indonesia yang makin lama makin ‘kelam’...

Gue dapet banyak banget kata-kata indah nan bagus,,,yang bener-bener dalem makna serta artinya...kaya yang dibawah ini nih,,

Amarah adalah suatu keadaan ketika lidah berkerja lebih cepat daripada pikiran (392)

Cinta adalah sebuah komitmen mutlak kepada seorang individu yang tidak sempurna. Kamu membutuhkannnya tetapi kala kamu mencintai, itu seperti menakdirkan dirimu untuk menjadi sakit (412)

Cinta adalah realitas hidup yang paling abadi dan tak terbantahkan (59)

Cinta adalah menerima seseorang dengan segala kekuatan dan kelemahannya (415)

Cinta adalah sebuah rumah yang terbuat dari kaca, dimana batu-batu membentur setiap hari dalam bentuk hujan (61)

Satu aspek cinta adalah.....merasakan sakit (62)

Cinta itu seperti pisau, ia dapat menusuk jantung atau ia dapat mengukir gambar-gambar yang sangat bagus dalam jiwa yang akan berlangsung seumur hidup (63)

Suatu perdebatan akan sia-sia bila kita melawan apa yang mereka tuduhkan kepada kita dalam keadaan emosi mereka. Karena dengan berlaku sama seperti apa yang mereka lakukan pada kita, kita sudah menempatkan diri kita pada tataran yang sama dengan mereka (gue lupa halaman berapa)

Menjadi tidak berperasaan, artinya, ketika kamu kehilangan rasa untuk membedakan antara dosa dan amal kebaikan. Ketika kamu tidak dapat membedakan antara apa yang baik dan apa yang buruk (393)

Kalau kamu terluka melihat ke belakang, dan kamu takut untuk melihat ke depan, maka kamu dapat melihat ke sebelahmu, dan sahabat terbaikmu akan ada di sana (414)

Suatu masa akan datang kala kita harus berhenti mencintai seseorang bukan karena orang itu tela berhenti mencintai kita tetapi karena kita telah mengetahui bahwa mereka akan lebih bahagia bila kita lepaskan (414)

Hatimu bakal sakit melihat orang yang kai cintai berbahagia bersama orang lain...tetapi lebih menyakitkan mengetahui bahwa orang yang kau cintai tidak bahagia bersamamu (419)

Pada masa tertentu dalam hidup kita, kita semua harus berkompromi, baik demi karir, atau demi keluarga kita, demi perkawinan kita, atau terkadang demi cinta kita. Dan kita pasti bisa berkompromi dengan cinta kita, demi cinta yang lain (420)

Kecantikan perempuan harusnya ‘tidak tampak’....karena itu hal yang paling alami. Sebab, hal-hal yang indah di dunia tidak tampak. Kenapa kita menutup mata kita kala kita tidur?? Ketika kita menangis?? Ketika kita membayangkan?? Ketika kita mencium?? Ketika kita bercinta?? Itu karena hal yang paling indah di dunia ini tersembunyi (442)

Seorang pesimis ialah seseorang yang mengeluh tentang kebisingin ketika seorang optimis mengetuk (456)

Penghormatan adalah landasan ‘cinta’ (482)

Aku mencintaimu bukan karena aku membutuhkanmu,...aku membutuhkanmu karena aku mencintaimu (482-483)

Beruntunglah laki-laki yang menjadi cinta pertama seorang perempuan tetapi lebih beruntung perempuan yang menjadi cinta terakhir seorang laki-laki.(488)

Tiada senyum seindah senyum yang bersusah payah muncul melalui air mata (488)

Kekecewaan itu laksana polisi tidur, yang menghambarmu sedikit tetapi kamu menikmati jalan yang mulus setelahnya (492)

Tuhan tidak menjanjikan hari-hari tanpa rasa sakit, tawa tanpa sedih, matahari tanpa hujan, tetapi Dia sungguh menjanjikan kekuatan untuk hari itu, kebahagiaan untuk air mata, dan cahaya untuk jalan itu.(492)

Kamu tidak bisa membuat orang mencintaimu, yang dapat kamu lakukan ialah menjadi seseorang yang dapat dicintai, selebihnya terserah pada orang itu untuk menyadari nilai (diri) mu.(494)

Ada hal-hal yang tidak pernah ingin kira lepaskan, orang-orang yang tidak pernah ingin kita tinggalkan, tapi camkanlah, melepaskan bukan akhir segalanya. Itu merupakan awal dari suatu kehidupan yang baru (494)

Aku mencintainya bukan saja karena bagaimana dia, melainkan karena bagaimana dia saat bersamaku. Aku mencintainya bukan saja karena bagaimana dia memahami diriku. Aku mencintainya karena bagian dari diriku telah dicampakkannya (7)

Nafsu adalah seperti mencoba pakaian, sedangkan cinta adalah mencari pakaian untuk dikenakan (62)

Mengorbankan diri kita secara suka rela dan penuh cinta adalah hal terindah yang dapat kita lakukan (63)

Untuk memperoleh pengetahuan, orang harus belajar. Tetapi untuk mencapai kearifan, orang harus mengamati (64)

Gimana...?? Keren-keren kan, kata-katanya...?? Whatever pendapat kalian, tapi yang pasti, gue pribadi, nganggep sedikit (sedikit?? masih ada ratusan halaman lain yang penuh dengan kata-kata mutiara seperti itu, fren...) kata-kata diatas sebagai kata-kata mutiara paling bermakna yang ada dalam hidup ini dibawah Al-Quran dan Hadist.

Gue aja, baca novel ini mpe beberapa kali nangis....menyentuh.

Speechless...bener-bener speechless ngeliat penderitaan tokoh wanita di dalamnya karena kekejaman sang pria.

Tuhan, terima kasih telah menghadirkan buku ini...buku ini benar-benar ngasih hidayah bagi mereka yang bertindak salah dalam pernikahannya.

Buku ini, benar-benar ngasih gambaran yang indah tentang suatu pernikahan tanpa cinta yang berjalan dengan iman,,,,hingga akhirnya, cinta itu pun datang, memberi kebahagiaan bagi keduanya.

Subhanallah.....keren pisan!!!

Ada beberapa baik puisi yang mau gue tunjukkin dari buku ntu,,,

Jangan katakan kau tak penting, Itu sungguh tidak benar. Fakta bahwa kau lahir, merupakan bukti, Tuhan mempunyai suatu rencana buatmu. Jalan mungkin tampak kabur saat ini, Tapi suatu hari kau ‘kan melihat. Bahwa semua yang ada sebelumnya, Sungguh-sungguh direncanakan.

Tuhan menulis kitab kehidupanmu, Yang mesti kau ketahui, Tiap hari kala kau hidup, Tertulis jauh sebelumnya Tuhan hanya menulis kita yang paling laris, Karenanya banggalah akan dirimu, Peranmu penting, Dalam kitab ini kaulah sang ‘Bintang’.

Nikmatilah novel sebagaimana bunyinya, Ia akan berlaku abadi, Nikmati setiap bab selagi kau membaca, Luangkan waktu untuk membalik seluruh halaman

Hohohohoho....gue jamin, buat para cewek (cowok juga), pasti ga bakal rugi bacanya,,,, Sensasional banget.... Dan sekejap, lu bakal, hehehehe, jadi makhluk paling puitis se-ruang kamar lo!!

Hehehehehe =D Tapi serius fren,,,,buku ini harganya Rp 42.000 (harga yang wajar untuk buku setebal itu dan terjemahan pula).



Dan, selami kehidupan sebuah pernikahan tanpa cinta di awalnya dari pasangan Islam Pakistan...

Keren Jo.,...Sumpah!!!

See u in my comment box =)

Share with me yah!!

Luv u frens,,muach, muach, muach!!!


Wassalamu’alaikum wr wb"

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah singgah. Tak perlu segan untuk menyanggah atau memberi tanggapan atas pikiran yang tercurah. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau mengganggu pikiran bisa kirim DM ke @celoteholic ya!

Diberdayakan oleh Blogger.